Jelaskan AIDAS

Discussion in 'Kewirausahaan' started by Riski, Feb 18, 2016.

ads

  1. Riski

    Riski Member

    Jelaskan AIDAS ?

    AIDAS merupakan salah satu konsep strategi pemasaran yang kerap digunakan dalam dunia bisnis. Konsep ini bertujuan untuk memberi kepuasaan kepada konsumen/pembeli dan memberi keuntungan kepada produsen/penjual. Selain itu, konsep ini juga cukup efektif untuk digunakan untuk menari minat konsumen.

    AIDAS memiliki lima unsur yakni attention (perhatian), interest (tertarik, desire (keinginan), action (tindakan), dan satisfaction (kepuasaan).

    Kelima unsur itu menggambarkan usaha produsen atau penjual untuk mencapai tujuannya dan mendapat keuntungan. Berikut adalah kelima unsur di dalam konsep AIDAS:

    Attention. Pada tahap ini penjual berusaha agar pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukannya.

    Interest. Pada tahap ini penjual akan berusaha membentuk minat pembeli atas produk yang ditawarkan.

    Desire. Di tahap ini penjual akan meyakinkan konsumen untuk membeli produk ini. Dalam tahap ini pula penjual akan menyampaikan keuntungan-keuntungan membeli produk tersebut dan kerugian jika konsumen tidak membelinya.

    Action. Dalam tahap ini, penjual akan berusaha mewujudkan keuntungan yang dipaparkan kepada konsumen dan meyakinkan konsumen untuk membuat keputusan yang diharapkan.

    Satisfaction. Pada tahap ini, penjual memastikan bahwa kualitas produk sesuai dengan yang diharapkan konsumen.
     

    ads

ads

Share This Page