Apa yang dimaksud dengan e-commerce

Discussion in 'TIK' started by gurumonica, Dec 25, 2015.

ads

  1. gurumonica

    gurumonica Administrator Staff Member

    Apa yang dimaksud dengan e-commerce ?

    E-commerce adalah gabungan dari kata “Electronic” dan “Commerce”. Electronic Commerce artinya perdagangan elektronik. Jadi, online shop yang sedang trendy di dunia ini adalah bentuk dari e-commerce. E-commerce ini adalah perdagangan melalui media elektronik sepertitelevisi, internet, radio, media sosial, dan sebagainya. Sebagai transaksi dalam e-commerce, digunakan transfer melalui bank, m-banking, atau atm.

    E-commerce sendiri adalah bagian dari E-business, yang memiliki cakupan lebih luas selain perdagangan, juga mengenai mitra bisnis, lowongan pekerjaan, pelayanan nasabah, dan sebagainya.

    E-commerce pertama kali diperkenalkan melalui iklan elektronik sebagai promosi pada tahun 1994. Iklan elektronik ini menghasilkan penjualan hingga US$12,2 miliar pada tahun 2003, bahkan pendapatan retail online non-travel di Amerika Serikat diperkirakan akan mencapai 250 milliar dollar US pada tahun 2011.

    Model e-commerce yang berkembang di Indonesia umumnya ada tiga macam, yaitu:

    1. Retail, merupakan jenis e-commerce yang menjual berbagai macam produk tanpa fokus tertentu, sehingga proses jual-beli elektronik ini terbilang mudah dan menyenangkan. Calon pembeli dapat melihat katalog dari usaha retail online, kemudian memilih barang yang diinginkan untuk kemudian menjalani transaksi lewat bank.
    2. Iklan Baris, merupakan perkembangan nyata dari iklan baris yang ada di koran-koran yang meliput lowongan pekerjaan atau barang yang hendak dijual. Dalam iklan baris online pengiklan akan mencari website yang ramai dikunjungi agar iklan bisa dilihat banyak orang, atau iklan baris dapat dipasang pada website khusus iklan baris.
    3. Marketplace, merupakan penyedia jasa lapak online shop yang bisa menampung banyak penjual baik yang kecil-kecilan maupun perusahaan besar sekalipun. Marketplace ini menerima keuntungan dari laba bagi hasil maupun dari iklan yang dibayar oleh penjual online shop. Contoh marketplace di Indonesia adalah bukalapak.com, tokopedia.com, elevenia.com, dan masih banyak lagi.
    Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan dalam bisnis e-commerce yang telah diterapkan di dunia, antara lain:
    • Akunting dan sistem keuangan, menyediakan jasa akuntansi dan penghitungan keuangan secara otomatis dalam beberapa website atau database yang tersedia di internet.
    • Conferencing, menyediakan tempat rapat jarak jauh apabila para mediator rapat atau peserta rapat tidak dapat hadir dalam satu ruangan. Tempat konferensi ini biasanya memasang harga tertentu sebagai jasa konferensi.
    • Dokumen, spreadsheet, database, menyediakan database untuk menyimpan dokumen di internet. Dokumen ini disimpan seperti di brankas online dan dikunci dengan kata kunci.
    • Informasi pengiriman dan pemesanan, aplikasi ini semacam penyedia informasi untuk memberi keterangan tertentu kepada pelanggan online shop maupun penjualnya.
    • Online Shopping E-mail dan Messaging, menyediakan tempat perbelanjaan secara elektronik untuk memudahkan orang-orang yang tidak ingin berpergian jauh membeli sesuatu.
    • Online Banking/internet Banking, menyediakan bank online bagi nasabah yang mengalami kesibukan untuk pergi ke bank pada umumnya.
    E-commerce memiliki banyak keuntungan dibandingkan perdagangan offline. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dari e-commerce dari sisi PEMBELI.
    • Menghemat tenaga. Anda tidak perlu berpergian jauh untuk berbisnis, hanya menggunakan jari-jari di depan internet. Anda tinggal mencari produk yang anda sukai di search engine dan banyak pilihan di katalog yang muncul dalam hitungan detik.
    • Menghemat waktu. Dengan e-commerce tidak perlu berkendara jauh dan menghadapi kemacetan hanya untuk berbelanja sedikit produk. Toko online menawarkan jasa untuk mengantarkan barang langsung ke depan rumah hanya dalam waktu singkat, sesuai kebutuhan Anda.
    • Banyak pilihan. Anda tidak perlu berputar dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan pilihan produk. Dari internet Anda bisa mencari produk dengan harga dan kualitas terbaik sesuai yang Anda inginkan. Selain itu, online shop juga memiliki stok yang dapat dipantau tanpa harus kecewa saat datang jauh ke toko offline dan ternyata stok sudah habis
    • Mudah dilakukan. Produk yang dijual secara online akan dilengkapi dengan spesifikasi, hal ini dilakukan agar pelanggan bisa datang kembali membeli di tempat yang sama.
    • Dapat melihat review orang lain. Karena persaingan yang ketat, perusahaan online memberikan iklan lain selain iklan fisik biasa, yaitu review. Review yang baik atau buruk bisa dilihat pula alasan lengkapnya hingga calon pembeli bisa mengetahui deskripsi lengkap mengenai produk itu.
    • Voucher dan kupon. Karena ingin produknya laku, maka perusahaan online banyak mengadakan event voucher atau kupon yang menggiurkan. Dengan situs resmi anda mungkin dapat menemukan diskon menarik tanpa harus takut tertipu. Ambillah keuntungan dari persaingan para perusahaan online untuk mencari harga terbaik!
    Berikut ini ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dari e-commerce dari sisi PENJUAL.
    • Mendapatkan lebih banyak customer. Semua perusahaan baik online maupun offline sangat membutuhkan pelanggan yang banyak untuk mendapatkan lebih bnyak keuntungan. Pada toko online, akan ada lebih banyak customer dari seluruh dunia yang dapat mengakses produk Anda dan kembali dengan mudah.
    • Penjualan meningkat. Tanpa harus mengatur properti dan modal untuk bangunan, toko online akan membuat Anda mendapatkan keuntungan lebih banyak. Jika ingin lebih banyak keuntungan lagi, Anda bisa memberikan pengalaman menyenangkan dengan pelayanan yang ramah. Bahkan dalam penjualan internasional, Anda bisa mendapatkan penjualan yang lebih banyak.
    • 24 jam setiap hari. Walaupun jalanan macet, ada badai, cuaca panas dan terik, atau setiap toko di jalan ditutup, bisnis online Anda akan tetap terbuka untuk customer manapun. Anda tidak perlu menutup toko dan kehilangan laba beberapa hari karena hari libur.
    • Memperluas bisnis ke dunia internasional. Kehebatan penggunaan internet adalah penerjemah bahasa. Bisnis online tidak perlu membuat banyak situs untuk bahasa yang berbeda. Dengan marketing yang tepat dan luwes, setiap customer dari belahan dunia manapun bisa menemukan situs bisnis anda, produk serta informasi tanpa pergi menuju negara yang jauh.
    • Membayar tagihan lebih mudah. Dengan sedikit pencarian, setiap bisnis dapat mengatur pembayaran tagihan lewat internet juga. Anda bisa mencari provider website yang konsisten dan terpercaya sehingga tagihan dapat dibayar dengan mudah dan dipertanggungjawabkan.
    • Transaksi instan. Dengan e-commerce, Anda tidak perlu menunggu cek atau pembayaran lain yang membutuhkan waktu hingga 30 hari atau lebih. Transaksi akan selesai dengan cepat dan paling lama hanya membutuhkan dua atau tiga hari untuk menunggu uang pada akun bank kita bertambah.
    Selain banyak keuntungan yang serba instan dari e-commerce, berikut ini akan dibahas beberapa kerugian yang disebabkan dari e-commerce dari sisi PEMBELI.
    • Keamanan privasi. Sebelum melakukan transaksi instan di online, Anda harus memeriksa apakah situs toko online tersebut memiliki sertifikat keamanan. Walaupun sangat mudah berbelanja online, namun tidak ada yang ingin mengalami penipuan atau hacking yang mencuri semua data pribadi Anda. Maka sebelum berbelanja online, lebih baik Anda memeriksa dengan baik bagaimana keadaan keamanan bisnis online tersebut.
    • Kualitas. Walaupun e-commerce menyediakan kemudahan akses berbelanja, namun kita tidak pernah tahu bagaimana kualias produk sampai barang itu berada di tangan kita. Sangat penting untuk melihat jaminan dari toko online sebelum membelo produknya. Selalu pastikan toko online memberi jaminan pengembalian apabila barang tidak sesuai seperti yang Anda inginkan.
    • Biaya tambahan. Ketika memutuskan untuk membeli produk di toko online, banyak biaya tambahan yang mengantri seperti biaya kirim, asuransi, dan biaya tambahan lainnya. Ada kemungkinan terdapat biaya tersembunyi yang tidak diberitahukan di awal, tetapi harus dibayar untuk menyelesaikan transaksi dan tiba-tiba saja muncul di form pembayaran. Biasanya biaya tambahan ada pada pembelian internasional.
    • Menunggu datangnya barang yang dipesan. Walaupun pengiriman produk biasanya lebih cepat daripada yang kita duga, tetapi terkadang juga ada delay yang disebabkan cuaca buruk atau semacamnya, karena bagaimanapun pengiriman online juga membutuhkan manusia. Bahkan ada kesempatan barang Anda akan hilang atau dikirim ke alamat yang salah.
    • Membutuhkan akses internet. Akses internet tidaklah gratis, tetapi Anda harus menggunakan wifi atau paket data. Akses internet ini pun memungkinkan adanya pencurian data atau informasi dari situs tak terpercaya. Jika anda menggunakan internet publik, karena tidak punya akses internet di rumah, lebih baik Anda berbelanja secara manual di toko terdekat.
    • Lack of personal interaction. Selama ada peraturan dan syarat dari tiap bisnis e-commerce yang harus dibaca pembeli sebelumnya, ada kemungkinan para pelanggan yang membacanya tidak mengerti karena peraturannya membingungkan. Dengan banyak pertanyaan itu, jika Anda melakukan pembelian pada situs yang sedang sibuk, Anda tidak dapat menemukan satu orangpun yang bisa Anda ajak bicara secara langsung untuk mengurangi kebingungan.
    Berikut ini akan dibahas beberapa kerugian yang disebabkan dari e-commerce dari sisi PENJUAL.
    • Keamanan perusahaan. Selama perusahaan membangun usaha untuk membuat para pelanggannya aman dari hacker, banyak orang di luar sana yang sedang berusaha menembus keamanan untuk mencuri data bahkan uang di akun perusahaan online. Kita telah melihat berita baru-baru ini ada perusahaan online terkenal dan cukup besar kehilangan bisnisnya karena dibajak secara online.
    • Penggunaan kartu kredit yang menumpuk. Dalam perusahaan online, terkadang Anda mebmbutuhkan kartu kredit untuk membayar tagihan karena belum memiliki cukup modal. Jika Anda tidak mampu membayar tagihan, maka secara otomatis uang pada kartu kredit akan dikembalikan pada customer yang sempat membayar produk yang mereka beli. Dengan begitu akan ada kerugian besar dalam penggunaan kartu kredit.
    • Biaya lebih untuk infrastruktur lainnya. Untuk meyakinkan bahwa bisnis online Anda berjalan lancar dan tidak ada kerugian tersembunyi, itu berarti Anda membutuhkan orang profesional seperti akuntan atau manajer untuk mengatur segala keuangan. Untuk itu, Anda membutuhkan uang extra untuk membayar orang profesional.
    • Butuhnya biaya lain yang tidak terduga. Sarana lain dari bisnis online juga harus diperhatikan. Terdapat biaya lain yang dibutuhkan untuk bisnis online anda karena dibutuhkan untuk investasi segala properti yang dibutuhkan dari aspek pembelian dan penjualan, terutama ketika customer yang tidak puas menginginkan uang refund.
    • Layanan internet yang memadai. Walaupun kini semua orang menggunakan internet, masih banyak wilayah di dunia yang memiliki akses internet yang buruk. Sebelum menyusun bisnis e-commerce, pastikan wilayah Anda memiliki akses telekomunikasi yang memadai dan efektif.
    • Perawatan konsisten. Ketika memulai bisnis e-commerce, Anda harus siap membuat perubahan untuk menjadi perusahaan yang kompetitif. Semakin berkembangnya teknologi, sistem yang mendukung bisnis Anda harus tetap up to date atau diganti jika dibutuhkan. Banyak sekali hal yang dibutuhkan untuk bisnis online agar tetap eksis dan tidak ketinggalan zaman.
    Selain banyak keuntungan yang serba instan dari e-commerce, berikut ini akan dibahas beberapa kerugian yang disebabkan dari e-commerce dari sisi PENJUAL. Berikut ini ada kiat-kiat sukses apabila Anda ingin menjalanan bisnis e-commerce.
    1. Memiliki tim manajemen yang handal
    2. Memastikan bahwa pengiriman barang selalu tepat waktu
    3. Memberikan pelayanan yang bagus, cepat, dan ramah
    4. Menjaga struktur organisasi bisnis yang baik
    5. Memiliki jaringan infrastruktur dan keamanan yang baik
    6. Mendesain situs web yang bagus
    7. Menyediakan tempat khusus untuk menerima pendapat pelanggan, menampun usul dan komentar mereka untuk memperbaiki bisnis menjadi lebih baik
    8. Menyediakan harga yang kompetitif dan masuk akal
    9. Menyediakan informasi barang atau jasa yang lengkap, terperinci, dan jelas
    10. Menyediakan banyak bonus seperti voucher, diskon, dan penawaran istimewa yang mampu menarik pembeli
     

    ads

ads

Share This Page