Jelaskan pengertian akting dan blocking

Discussion in 'Seni' started by gurumonica, Dec 8, 2015.

ads

  1. gurumonica

    gurumonica Administrator Staff Member

    Jelaskan pengertian akting dan blocking ?

    Dalam dunia teater, kita mengenal istilah blocking dan acting. Dua hal ini sangatlah berbeda dalam hal penerapannya. Pada beberapa jenis teater tertentu seperti panggung komedi, para pemain akan mendapatkan hasil yang lebih baik apabila menggunakan system acting, namun dalam perfilman, ternyata blocking jauh lebih membantu memerankan film yang baik.

    Jadi, apa itu blocking dan acting?

    Berikut akan dijelaskan pengertian, manfaat, dan perbedaannya.

    Blocking
    Blocking adalah kondisi penentuan di mana sang actor atau pemain teater hendak berpindah-pindah posisi di panggung. Sedangkan dalam film, blocking juga dibantu oleh pencahayaan dan sudut kamera. Inilah beberapa manfaat dariblocking:
    • Dengan adanya blocking, sutradara dan pengambil gambar dapat lebih cepat mengetahui ke mana selanjutnya kamera akan berpindah.
    • Blocking juga membantu para pemain dalam berpikir cepat: “Setelah ini harus berbicara apa dan di mana.” Ketika actor atau aktris telah melatih blocking dengan baik, maka dengan mudah mereka akan segera mengetahui posisi mainnya.
    Blocking yang baik akan menghasilkan bahasa tubuh yang tepat. Hal ini sangat membantu penonton untuk lebih menikmati panggung dan lebih mengetahui isi cerita atau lakon yang dimainkan oleh pemeran.

    Akting
    Acting adalah kondisi di mana tidak ada penentuan secara detail di mana posisi panggung ketika bermain peran, dan dialog apa saja yang harus diucapkan. Jauh berbeda dengan system blocking, sistim acting lebih didominasi oleh spontanitas dari para pemain teater. Berikut ini adalah manfaat dan peranan dalam menggunakan sistim acting.
    • Para pemain tidak harus disibukkan dan dibebani dengan penuturan bagaimana harus memainkan peran
    • Acting juga mengasah kreativitas pemain peran dalam menguasai panggung serta ceritanya. Apabila hanya terpaku dalam naskah, seringkali para pemain tidak dapat dengan leluasa menghidupi cerita.
    • Acting hanya membutuhkan waktu latihan yang sebentar.
    Maka, kita dapat menyimpulkan berikut perbedaan antara acting dan blocking:

    Hal Acting Blocking
    Naskah
    Tidak terpaku Totalitas dalam menuruti naskah
    Posisi Ditentukan tepat saat bermain peran Ditentukan sebelum panggung dimulai
    Kamera Kamera mengikuti jalan pemain Pemain dan kamera bergerak bersama
    Keketatan Longgar Ketat
    Pemakaian Panggung komedi atau spontanitas Panggung drama dan perfilman genre selain komedi
    Itulah tadi perbedaan antara blocking dan acting. Semoga bermanfaat!
     

    ads

ads

Share This Page