Jelaskan mengapa jepang membentuk bpupki dan ppki

Discussion in 'Sejarah' started by Giovani Malinda, Jan 11, 2016.

ads

  1. Giovani Malinda

    Giovani Malinda Active Member

    Jelaskan mengapa jepang membentuk bpupki dan ppki ?

    ALASAN JEPANG MEMBENTUK BPUPKI

    Pada tanggal 1 Maret 1945, Letnan Jenderal Kumakici Harada dari Jepang memerintahkan untuk dibentuknya badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia yang dalam bahasa Jepangnya adalah Dokuritsu Junbi Coosakai. Pembentukan BPUPKI ini dipimpin oleh Radjiman Widyodiningrat dari Indonesia dan memiliki anggota berjumlah 67 orang. BPUPKI disambut dengan sebuah upacara pada tanggal 28 Mei 1945. Tugas BPUPKI adalah menyelidiki hal-hal yang berkaitan untuk membentuk negara Indonesia yang merdeka dari aspek politik, pemerintahan, ekonomi, dan sebagainya.

    Apakah BPUPKI dibangun oleh Jepang semata-mata untuk memberikan kemerdekaan Cuma-Cuma bagi bangsa Indonesia? Tidak. Hal ini diupayakan hanya untuk mengambil perhatian dan dukungan dari masyarakat Indonesia setelah Jepang memberitahu bahwa mereka berjanji akan memberikan kemerdekaan, sementara kota Saipan di Jepang dibom oleh sekutu pada tanggal 1 Maret 1945.


    ALASAN JEPANG MEMBENTUK PPKI

    Sementara itu, Jepang memperoleh ketidakpercayaan masyarakat Indonesia dan pada akhirnya BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 dan digantukan dengan PPKI yang dipimpin oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Dalam sidang PPKI ini banyak yang telah dibentuk seperti teks proklamasi, pengibaran merah putih, perubahan UUD, dan pembentukan sistem pemerintahan lainnya.

    Alasan yang membuat Jepang membentuk PPKI ini adalah karena Jepang sudah lumpuh karena sekutu telah mengebom kota Nagasaki pada tanggal 7 Agustus 1945, dan Jepang menegaskan PPKI bertujuan untuk melanjutkan persiapan kemerdekaan yang belum matang di BPUPKI.
     

    ads

ads

Share This Page