Jelaskan kelebihan dan kekurangan bentuk organisasi fungsional

Discussion in 'Ekonomi' started by gurumonica, May 18, 2016.

ads

  1. gurumonica

    gurumonica Administrator Staff Member

    Jelaskan kelebihan dan kekurangan bentuk organisasi fungsional ?

    Apa yang dimaksud dengan Bentuk Organisasi Fungsional ?

    Bentuk organisasi fungsional merupakan strategi dimana didalamnya terdapat aturan aturan yang diterapkan sebagai manajemen kerja disebuah perusahaan untuk mencapai sasaran tertinggi dimana pencapaian tersebut sudah disetujui dan ditetapkan oleh organisasi didalamnya.

    Bentuk organisasi fungsional terdiri dari:

    1.Adanya direksi
    • yang berperan sebagai pimpinan perusahaan yang mempunyai tanggung jawab penuh atas apa yang terjadi diperusahaan termasuk menjaga nama baik perusahaan.
    2. Adanya manajer sumber daya manusia
    • yang dapat teliti dan ahli dalam perekrutan karyawan serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukan orang orang yang bekerja diperusahaan yang mereka lakukan dengan keterampilan , keahlian, kreatifias dan posisi yang diraihnya dengan kecakapan dan kompeten dibidangnya masing masing.
    3. Adanya manajer keuangan
    • yang bertanggung jawab atas serba serbi pengeluaran atau pendapatan atau apapun yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.
    4. Adanya manajer produksi
    • yang berrtanggung jawab atas pelaksanaan atau segala yang berhubungan dengan teknik operasional yang sedang berlangsung disebuah perusahaan
    5. Adanya manajer pemasaran
    • yang bertanggung jawab untuk mampu mempromosikan atau memperbanyak informasi yang berhubungan dengan perusahaan dimana tujuannya agar apa yang diproduksi perusahaan menjadi lebih berkembang dan maju.
    6. Adanya manajer purchasing
    • yang bertanggung jawab mengontrol dan memaksimalkan hal hal yang berhubungan dengan perusahaan misalnya memiliki kecakapan dalam pengelolahan pengadaan barang, mampu meneliti, memilih dan memastikan ketersediaan barang dan mempunyai kecakapan dan keahlian dalam bekerja sama dengan perusahaan lain agar kemajuan operasional perusahaan selalu selangkah lebih maju.
    Didalam perusahaan semua organisasi yang telah terbentuk tersebut masih membutuhkan beberapa tenaga orang lain lagi yang akan membantu tugas para manajer agar lebih mudah diselesaikan termasuk adanya seksi atau staf lain yang juga harus kompeten dibidangnya masing masing, yang tujuannya adalah satu yaitu kemajuan dan kesuksesan sebuah perusahaan.

    Inilah kelebihan dari adanya bentuk organisasi fungsional
    • Adanya sikap profesional
    Setiap perusahaan selalu menangani satu bidang yang menjadi sasaran utama atau pada sebuah komoditas bisnis. karenanya membutuhkan orang orang yang kompeten dibidangnya. Inilah yang dibutuhkan agar kemajuan yang dicapai dalam perusahaan tersebut dapat tercapai dan sukses.
    • Menjadikan perusahaan lebih kreatif dan sukses
    Pembagian tugas pada karyawan yang sesuai dengan bidangnya masing masing untuk kemajuan perusahaan dengan kreatifitas yang di imbangi rasa kebersamaan mak sukses akan mudah tercapai
    • Selalu tercipta inovasi terbaru
    Didalam perusahaan banyak staf karyawan yang memiliki dedikasi , keterampilan, keahlian, kreatifitas dan ide ide terbaru yang kompeten dengan bidangnya masing masing , hal itu dapat memicu atau bisa menciptakan inovasi inovasi terbaru lahir tanpa terduga yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan dimasa yang akan datang.
    • Perusahaan mudah maju dan semakin besar
    Dengan banyaknya staf yang terampil dan cakap disebuah perusahaan maka dari hari kehari kondisi kualitasusahaan mengalami perbaikan kemnajuan dan akan semakin besar termasuk nama baik perusahaan itu sendiri.

    Inilah kekurangan atau kelemahan dari adanya bentuk organisasi fungsional
    • Persaingan yang kurang sehat
    Diperusahaan banyak staf yang memiliki karyawan yang genius, kreatif yang memiliki kecakapan masing masing kondisi inilah yang bisa memicu adanya persaingan yang tidak sehat dan penuh dengan kecurangan dan sifat iri atau berlomba asling menjatuhkan yang nantinya dapat berdampak buruk bagi kemajuan perusahaan.
    • Membutuhkan dewan pengawasan
    Perusahaan harus segera memiliki seseorang yang kompeten yaitu seorang yang ahli dan pengalaman dibidang dewan pengawasan ditiap didang yang ada diperusahaan itu yang sulit diatur lagi akibat terlalu komplek dengan orang orang yang memiliki keterampilan, keunikan, kecakapan dalam bidsangnya masing masing.
    • Terlalu banyak bidang dan devisi
    Perusahaan menjadi kesulitan ketika harus mengetahui dengan seksama dan teliti tentang apa yang sebenarnya telah terjadi pada perusahaan yang disebabkan karena terlalu banyak bidang dan devisi yang ada yang masing masing saling menunjukan performa kerja terbaik mereka.
    • Adanya kecemburuan diantara staf
    Adanya kecemburuan diantara sesama karyawan yang awalnya dilandasi rasa saling bersaing menarik perhatian pimpinan , namun jika berkelanjutan kondisi ini dapat berdampak buruk bagi kualitas cara bekerja mereka dan sangat tidak baik bagi kelangsungan kerja tim mereka nantinya, dimana hasil kerja meteka sangat dibutuhkan perusahaan.

    Merancang dan mengatur strategi yang tepat dan kena sasaran pada sebuah perusahaan melalui organisasi fungsional sangatlah tidak mudah jika didalamnya tidak terbentuk kerja tim yang hanya mengutamakan kebersamaan dan kemajuan perusahaan. Untuk itu sangat dibutuhkan para staf karyawan yang bukan hanya terampil, cakap , pandai dan kompeten dalam bidangnya saja tetapi lebih mengedepankan pada masalah moral dan sikap saling menerima satu sama lainnya.
     

    ads

ads

Share This Page