Jelaskan Karakteristik Perusahaan Jasa

Discussion in 'Ekonomi' started by gurumonica, Feb 1, 2016.

ads

  1. gurumonica

    gurumonica Administrator Staff Member

    Jelaskan Karakteristik Perusahaan Jasa ?

    Dalam dunia bisnis, selalu tidak lepas dari yang namanya pelaku usaha. Jika tidak ada pelalu usaha, maka tidak akan ada dunia bisnis, bahkan kegiatan ekonomi. Tidak akan ada semuanya. Pelaku bisnis dibedakan menjadi produsen atau penyedia barang dan jasa dan juga konsumen atau pemakai atau pengurang nilai guna barang dan jasa. Semua orang memanglah bertindak sebagai konsumen atau pemakai nilai guna barang dan jasa,sehingga produsen pun juga termasuk konsumen. Namun, semua orang belum tentu menjadi produsen. Produsen merupakan penyedia barang dan jasa yang digunakan oleh konsumen. Karena setiap orang belum tentu seorang produsen, maka konsumen ini belum tentu merupakan seorang produsen.

    Produsen di dalam dunia ekonomi ataupun bisnis ini identik dengan perusahaan, meskipun kenyataannya para pelaku usaha mandiri seperti pedagang kaki lima dan juga pedagang keliling juga merupakan produsen. Perusahaan ini bidakan menjadi dua macam, yaitu perusahaan jasa dan juga dagang.

    Seperti Apa Perusahaan Jasa Itu?
    Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang produk tama usahanya bergerak dalam bidang pelayanan atau jasa. jasa ini jenisnya ada bermacam- macam, seperti laundry, taxi, ojek, salon, dan lain sebagainya. Perusahaan jasa ini menjual jasanya kepada konsumen yang diperhitungkan akan membutuhkan jasa tersebut.

    Karakteristik Perusahaan Jasa
    Untuk mengetahui suatau perusahaan dikategorikan sebagai perusahaan jasa salah satunya dengan melihat karakteristik perusahaan tersebut dan mencocokkan dengan karakteristik yang dimiliki oleh perusahaan jasa. karakteristik perusahaan jasa antara lain:
    1. Kegiatan utamanya bergerak dalam bidang jasa atau menyediakan jasa.
    2. Pendapatan usaha utama perusahaan diperoleh dari hasil menjual jasa kepada konsumen.
    3. Untuk mencari laba, dapat dihitung dengan cara yang mudah, yaitu mencari selisih hasil penjualan jada dan dikurangi dengan biaya- biaya.
    4. Bersifat relatif, dan lebih jarang mengalami perubahan harga.
    Itulah sedikit karakteristik perusahaan jasa. jika ingin mengetahui suatau perusahaan bergerak dalam bidang jasa, kita dapat melihat dari karakteristik perusahaan ini.
     

    ads

ads

Share This Page