Jelaskan fungsi uang sebagai alat tukar menukar

Discussion in 'IPS' started by gurumonica, Feb 8, 2016.

ads

  1. gurumonica

    gurumonica Administrator Staff Member

    Jelaskan fungsi uang sebagai alat tukar menukar ?

    Semua orang telah mengetahui dan memahami jika uang adalah alat tukar menukar yang sah untuk barang dan jasa yang dapat diterima secara umum dan luas dalam masyarakat kota dan desa yang juga dapat dijadikan sebagai pelunasan dan pembayaran hutang piutang.

    Lebih efesien mana pembayaran dengan menggunaka uang atau Barter ?

    Uang dapat dinilai sebagai jalan alternatif untuk melakukan transaksi dengan cepat dan praktis serta lebih efesien jika dilihat dari segi pemanfaatan waktu dan tenaga daripada harus melakukan barter yang cenderung membutuhkan waktu yang sedikit panjang karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan dilakukan pemberitahuan secara jelas tentang kondisi dan usia pemakaian barang yang akan di tukarkan dengan uang.

    Namun sisten barter tidak begitu populer dikalangan pembisnis dan perdagangan dunia, karena dinilai sistem barter kurang cocok dan tidak efesien untuk sistem ekonomi modern yang mengandalkan tingkat ke efesienan yang tinggi. ke efesienan tersebut dapat meningkatkan tenaga kerja menjadi lebih kreatif dan produktif didalam rangka mensejahterakan kehidupannya.

    Fungsi uang sebagai alat tukar menukar adalah sebagai berikut:

    • Sebagai alat tukar menukar yang efesien dan aman (medium of exchange), yang mempercepat adanya transaksi yang tidak harus menggunakan barang lagi melainkan pertukaran di lakukan dengan menggunakan uang juga. Sehingga seseorang dapat merasakan kepuasan tanpaa mendapat masaalah apapun.
    • Uang yang digunakan sebagai satuan hitung yang akurat (unit of account) yang berguna untuk penilaian pada benda , barang atau jasa yang akan dijadikan transaksi jual beli.
    • Sebagai simpanan pribadi atau kelompok yang nantinya dapat dipergunakan bersama untuk sesuatu yang menguntungkan (Valuta) dimana uang yang telah terkumpul atau tersimpan dapat dijadikan sebagai penagalih atau pengendali daya beli dimasyarakat untuk masa kini dan 10 tahun kedepan. karean uang yang tersimopan akan dapat dipakai untuk bertransaksi pada waktu waktu tertentu dengan nilai barang yang pastinya akan mengalami perubahan, bisa semakin mahal bisa justru harganya menjadi turun.
    • Sebagai perencana masa depan yang belum terjadi. misalnya untuk biaya kuliah anak, untuk biaya kelahiran ibu hamil, untuk biaya pengobatan jika suatu saat kita tertimba musibah dan lain lain. Uang yang disimpan dalam bentukan tabungan dapat diambil sewaktu waktu sesuai dengan peraturan yang telah diberlakukan oleh pihak Bank. Tabungan untuk perencanaan masa depan sangat penting mengingat biaya hidup makin hari makin meningkat.
    Menggunakan barter sebagai alat untuk memperoleh barang yang di inginkan masih terjadi diera modern walaupun tingkat keamanan dan efesienitasnya tidak terlalu baik. Namun jika suatu barang akan ditukarkan dengan barang lain dan sudah disepakati dengan persetujuan bersama maka tidak akan berdampak mengkhawatirkan. Ketelitian dan pemeriksaan kondisi dan usia barang sangat dibutuhkan dalam transaksi tukar menukar barang ini (barter) agar salah satu pihak tidak ada yang merasa dirugikan.
     

    ads

ads

Share This Page