Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan!

Discussion in 'Biologi' started by nur amelia, May 10, 2016.

ads

  1. nur amelia

    nur amelia Member

    Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan! ?

    • Umur
    Frekuensi bernapas pada bayi dan balita lebih sering dibanding orang yang sudah berusia lebih tua. Hal itu disebabkan volume paru-paru yang dimiliki relatif kecil dan sel-sel tubuh sedang berkembang seperti pada bayi dan balita membutuhkan banyak oksigen. Semakin tua seseorang maka memiliki frekuensi napas lebih sering karena kontraksi pada otot-otot dada dan diafragmanya tidak sebaik saat berusia muda, sehingga udara yang masuk lebih sedikit.
    • Jenis Kelamin
    Wanita pada umumnya memiliki frekuensi pernapasan yang lebih sering daripada laki-laki dikarenakan memiliki volume paru-paru yang dimiliki wanita lebih kecil dari laki-laki sehingga frekuensi bernapasnya lebih sering.
    • Suhu Tubuh
    Suhu tubuh yang semakin tinggi maka akan semakin cepat frekuensi pernapasannya. Hal ini dikarenakan oleh adanya kenaikan proses metabolisme pada tubuh.
    • Posisi Tubuh/Badan
    Pada tubuh/badan yang berdiri, otot-otot kaki akan berkontraksi. Oleh karena itu, diperlukan tenaga untuk menjaga tubuh/badan tetap berdiri, sehingga diperlukan banyak O2 dan diproduksi banyak CO2. Hal ini menyebabkan frekuensi pernapasannya meningkat.
    • Banyaknya Aktivitas yang Dilakukan
    Orang yang banyak melakukan aktivitas memerlukan lebih banyak tenaga dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan aktivitas (misalnya santai/tidur). Sehingga, tubuh memerlukan lebih banyak oksigen untuk oksidasi biologi. Tubuh perlu meningkatkan frekuensi pernapasan agar dapat menyediakan oksigen yang lebih banyak.
     

    ads

ads

Share This Page