Jelaskan blue ocean strategy

Discussion in 'Kewirausahaan' started by Giovani Malinda, Feb 4, 2016.

ads

  1. Giovani Malinda

    Giovani Malinda Active Member

    Jelaskan blue ocean strategy ?

    Bidang usaha yang telah ada ternyata tidak sebanding dengan pertumbuhan pelaku usaha berlipat-lipat kali ganda dari yang telah ada. Secara sederhana dalam mencapai kesuksesan bisnis seorang pengusaha dihadapkan dengan pilihan memperjuangkan bisnisya atau keluar zona tersebut untuk membangun ceruk bisnis baru yang belum pernah ada.

    Seorang pebisis bernama Chan Kim menemukan suatu strategi bisnis yang disebut blue Ocean Strategy yang memberikan saran sebaiknya para pengusaha tidak memaksakan diri untuk berjuang dalam kompetisi yang sudah jenuh dan terlalu banyak orang yang menggelutinya. Para pelaku usaha lebih baik menggali kreativitas dan inovasi menciptakan produk baru yang lebih memuaskan. Dalam perumpamaan, pengusaha yang berjuang harus menyelam ke tengah samudera biru untuk mendapatkan mutiara terbaik, yaitu bisnis baru tersebut.

    Perusahaan yang menggunakan strategi ini dapat memperoleh keuntungan lainnya dari menurunkan biaya produksi da lebih focus dengan pengembangan produk baru serta dapat melakukan monopoli dalam waktu sementara karena merupakan pencetus baru. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk meerapkan strategi Blue Ocean bagi para pengusaha yang ingin berinovasi.

    • Fokus pada bidang bisnis yang diminati. Untuk menjadi focus, sebaiknya kita tidak berpindah-pindah tanpa pola ke bisnis yang terlalu berbeda. Pemimpin usaha dapat memperoleh analisis yang baik dengan mengamati pasar yang ada.
    • Mendorong perusahaan mengejar diferensiasi. Diferensiasi produk adalah salah satu kunci untuk mendapatkan lapangan pasar yang baru, meskipun berarti mengambil resiko. Diferensiasi produk dengan biaya murah dilakukan untuk menukar nilai biaya suatu produk.
    • Menyerang perusahaan lain. Artinya bahwa kita harus meningkatkan fokus kita dan menciptakan produk sendiri sehingga struktur biaya mereka naik. Hal ini adalah salah satu strategi penyerangan agar perusahaan lain memodifikasi produk berlebihan dan membutuhkan biaya yang lebih mahal.
    Dengan skema Hapuskan-Kurangi-Tingkatkan-Ciptakan, strategi Blue Ocean ini memungkinkan secara sistematis afar Anda mengeksplorasi dan membangun elemen-elemen pembeli sepanjang industri berdiri. Menurut Kim, strategi ini berkaitan erat dengan inovasi teknologi. Semakin kita mengerti tentang perkembangan teknologi, maka semakin mudah kita menemukan inovasi yang lebih baik.

    Selaein itu, strategi Blue Ocean juga memiliki beberapa prinsip untuk dipertimbangkan para pengusaha dalam menciptakan produknya sendiri, di antaranya:
    • Prinsip Eliminated: Faktor-faktor apa saja yang harus dihilangkan? Hal-hal yang perlu dihilangkan biasanya dikenal dengan beberapa bentuk seperti eliminasi segala sesuatu yang meningkatkan biaya produksi.
    • Prinsip Reduce: Faktor-faktor apa saja yang harus dikurangi? Tentu saja hal ini berkaitan dengan hal-hal yang mengganggu kualitas produk yang akan diciptakan.
    • Prinsip Raise: Faktor-faktor apa saja yang harus ditingkatkan? Faktor-faktor yang perli ditingkatkan adalah tempat yang membuat para pelanggan merasa nyaman dan ingint terus mengonsumsi produk yang dibuat.
    • Prinsip Create: Faktor-faktor apa saja yang harus diciptakan? Prinsip ini disamakan dengan penciptaan sirkus dalam konsep yang mempunyai tema dalam acaranya. Seorang pengusaha harus mencari tahu bentuk produk yang menampilkan sesuatu yang baru dan luar biasa.
    Dalam strategi Blue Ocen, ditekankan bahwa kunci kesuksesan adalah inovasi dan pengurangan biaya produksi. Produsen sudah seharusnya menciptakan sesuatu yang unik dan membuat masyarakat terkejut. Keterkejutan akan inovasi ini memberikan sistem pemasaran yang menguasai hingga 50% pasar. Selain dalam perusahaan besar, strategi Blue Ocean juga seharusnya dapat dilaksanakan oleh para pemilih Usaha Kecil (UKM), karena seringkali usaha kecil tidak bisa bersaing dengan baik. Namun sudah saatnya pengusaha kecil meninggalkan persaingan tidak sehat dan kembali pada inovasi atau produk baru yang dapat menciptakan pangsa pasar dengan lebih baik.
     

    ads

ads

Share This Page