Jelaskan ajaran Mahatma Gandi

Discussion in 'Sejarah' started by Giovani Malinda, Jan 14, 2016.

ads

  1. Giovani Malinda

    Giovani Malinda Active Member

    Jelaskan ajaran Mahatma Gandi ?

    Mahatma Gandi adalah seorang bijak dari India yang memberikan gagasan-gagasan untuk melawan kehidupan yang tidak berasaskan nilai kemanusiaan. Ajaran-ajaran Mahatma Gandi hingga sekarang dijadikan sebuah pernyataan bijak yang bisa memengaruhi orang lain. Berikut ini adalah 4 ajaran pokok yang diberikan Mahatma Gandi.

    1. Ahimsa

    Ahimsa berasal dari kata “A” yang artinya tidak atau menolak, dan “Himsa” yang artinya kekerasan. Ahimsa adalah seruan untuk manusia untuk menolak tegas kekerasan dalam kehidupan manusia. Namun, penolakan ini bukan dalam kegiatan menyerang balik atau menyakiti, melainkan memberikan kebenaran melalui ajaran klasiknya untuk berbuat baik dan membangun suasana penuh kasih dalam menyatukan semua umat manusia.

    2. Bramkhacharya
    Bramkhacharya adalah suatu ajaran Gandi bahwa kita sebagai manusia harus mengendalikan nafsu seksual yang berlebihan. Dalam ajaran ini, ditegaskan bahwa kita tidak boleh mengekspos keinginan seksual semata-mata hanya untuk kesenangan tanpa memedulikan dampaknya terhadap orang lain. Gandi menentang keras perbuatan perselingkuhan atau pemerkosaan yang merugikan orang lain dan masyarakat lainnya. Perbuatan asusila selain merugikan orang lain juga merugikan diri sendiri.

    3. Hartal
    Hartal diawali dengan semacam pemogokan nasional untuk menentang pemerintahan Inggris yang menindas India. Hartal adalah suatu kegiatan yang semata-mata dilakukan untuk proses demonstrasi politik atas ketidakpuasan rakyat terhadap penjajahan selama 28 tahun yang menindas masyarakat India. Dalam hartal ini, Gandi ingin menyampaikan bahwa terkadang butuh tindakan tegas untuk menegur sesama yang mulai menyimpang dari kehidupan yang damai.

    4. Satyagraha
    Satyagraha adalah ajaran yang menekankan pencarian kebenaran dan berpegang teguh terhadap Tuhan yang Maha Esa. Ajaran ini memberi perintah agar kita menyerahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan dan berpegang teguh pada kebenaran itu.

    5. Swadeshi
    Swadehi adalah ajaran nasionalisme dari Mahatma Gandi di mana masyarakat India diharuskan memiliki sikap cinta tanah air dan mengabdi sebaik mungkin pada negaranya. Konsep swadeshi ini berkaitan erat dengan cita-cita India untuk menggunakan semua produk hasil dalam negeri dan sebaiknya bertumpu pada kekuatan sendiri sebelum memutuskan untuk meminta bantuan negara lain. Dalam situasi ini masyarakat India melaksanakan anti import untuk melakukan boikot pada kaum kolonial.
     

    ads

ads

Share This Page