Bagaimana tantangan dan implementasi wawasan nusantara diera saat ini (globalisasi), jelaskan?

Discussion in 'PPkn' started by Endah ratna sari, Nov 11, 2015.

ads

  1. Endah ratna sari

    Endah ratna sari New Member

    Bagaimana tantangan dan implementasi wawasan nusantara diera saat ini (globalisasi), jelaskan? ?

    Bagaimana tantangan dan implementasi wawasan nusantara di era saat ini (globalisasi), jelaskan
     

    ads

  2. gurumonica

    gurumonica Administrator Staff Member

    Sebelumnya kita ulas dulu mengenai konsep wawasan nusantara yakni cara pandang kita sebagai suatu negara dengan pedoman pancasila dan UUD 1945 dalam mencapai tujuan nasional.

    Tantangan
    1. Budaya asing. Budaya asing dapat menjadi tantangan wawasan nusantara karena banyak yang tidak sesuai dengan prinsip pancasila dan UUD 1945, contohnya adalah paham kapitalisme dan tata krama dalam berbagai hal.
    2. Teknologi. Selain dapat digunakan sebagai cara implementasi, teknologi juga dapat menjadi tantangan, mengapa ? karena banyak orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan nya untuk memecah belah bangsa seperti melalui sosial media, hasutan melalui web / blog. Hingga menyebarkan informasi fitnah. Selain itu teknologi juga di gunakan untuk melakukan penipuan yang dapat merugikan orang lain.
    3. Masyarakat / golongan yang memiliki paham fanatik. ada banyak masyarakat yang memiliki cara pandang SALAH seperti terlalu fanatik terhadap agama, golongan, dan ras. Kadang mereka memaksakan khendak mereka ke orang lain dan pada akhirnya dapat berdampak pada perang saudara.
    4. Pemerintah. Pemerintah adalah ujung tombak dalam menciptakan dalam peran mencapai wawasan nusantara. Peraturan pemerintah dan aparat yang korupsi adalah tantangan nyata dalam mencapai implementasi wawasan nusantara.
    Implementasi
    1. Sosial awareness. Merupakan tindakan respon terhadap lingkungan sosial dan memiliki kepekaan terhadap sesama yang mengalami kesulitan dan memerlukan bantuan.
    2. Memanfaatkan teknologi untuk membangun. Caranya sangat mudah, yaitu menggunakan teknologi dalam membangun bangsa seperti memanfaatkan petisi online, pelaporan online dalam berbagai bidang.
    3. Memberikan teladan yang baik. Memberikan teladan yang baik di lingkungan sekitar atau di dunia online seperti sosial media.
    4. Menyaring budaya & teknologi asing yang baik untuk di adopsi di Indonesia.
    Nah itulah kira2 implementasi dan tantangannya.
     

ads

Share This Page