Apa yang dimaksud fragmentasi dan contohnya

Discussion in 'Biologi' started by gurumonica, Dec 27, 2015.

ads

  1. gurumonica

    gurumonica Administrator Staff Member

    Apa yang dimaksud fragmentasi dan contohnya ?

    Makhluk hidup terutama kingdom animalia (hewan) memiliki beragam jenis karena perbedaan filum atau famili. Dengan perbedaan jenis inilah, maka hewan-hewan memiliki cara reproduksi yang berbeda-beda; ada yang melahirkan, bertelur, bahkan beberapa di antaranya melewati cara membelah diri.

    Fragmentasi adalah cara reproduksi hewan dengan cara membelah-belah diri menjadi beberapa bagian, dan akhirnya bagian-bagian itu bertumbuh menjadi individu yang baru. Contoh-contoh hewan yang melakukan fragmentasi adalah:
    • Cacing pita
    • Porifera
    • Ophiuroidea
    • Cacing pipih (Planaria)
    Selain fragmentasi, berikut ini ada beberapa jenis cara reproduksi hewan.
    1. Bertelur, hewan betina mengeluarkan telur yang belum dibuahi, kemudian hewan betina mengisinya dengan sperma agar terjadi pertemuan zigot yang nantinya tumbuh menjadi embrio. Ketika bayi telah siap dengan protein sempurna, maka telur akan menetas dan menghasilkan individu baru. Contoh hewan bertelur adalah ayam, ikan, dan katak
    2. Melahirkan, proses melahirkan hewan hampir sama seperti manusia. Embrio yang sudah menjadi bayi akan dikeluarkan melalui vagina. Hewan yang beranak adalah hewan mamalia dengan ciri memiliki daun telinga, puting susu, dan sistem reproduksi yang menyerupai manusia. Contoh hewan melahirkan adalah singa, sapi, anjing, dan kucing.
    3. Bertelur-melahirkan, hampir sama seperti mekanisme bertelur, hanya saja embrio telah tumbuh pada telur yang masih berada dalam kandungan hewan betina. Jadi, ketika sudah siap menetas embrio itu dikeluarkan sehingga terlihat seperti beranak padahal di dalamnya sudah sudah sempat bertelur. Contoh hewan bertelur-melahirkan adalah platipus dan kadal.
    4. Membelah diri, berbeda dengan fragmentasi yang membutuhkan potongan induk baru terjadi pertumbuhan individu baru, dalam membelah diri hewan langsung “jadi” pada saat terjadi pembelahan. Biasanya pembelahan berjumlah genap: dua, empat, delapan, enam belas. Contoh hewan membelah diri adalah Amoeba dan
    5. Sporulasi, merupakan pembelahan dari satu sel menjadi banyak dengan membentuk spora. Pada fase generatif biasanya terjadi di tubuh induk, sementara fase vegetatif terjadi di tubuh inang atau di luar tubuh induk. Contoh hewan sporulasi adalah Plasmodium
    6. Pertunasan, berasal dari suatu tunas yang terbentuk dari tubuh induknya. Kemudian tunas ini berkembang menjadi individu baru yang memiliki mulut dan tentakel. Setelah dewasa, tunas ini akan terlepas dari tubuh induknya. Contoh hewan yang bertunas adalah Hydra, Obelia, dan ubur-ubur.
     

    ads

ads

Share This Page