Apa kegunaan dari fungsi NOT di Microsoft excel

Discussion in 'TIK' started by aliviyakr, Jan 27, 2017.

ads

  1. aliviyakr

    aliviyakr Member

    Apa kegunaan dari fungsi NOT di Microsoft excel ?

    Salah satu fungsi logika dalam excel yang berguna selain if dan and adalah fungsi NOT. Pada dasarnya fungsi NOT diartikan sebagai “tidak” menurut arti kata nya.

    Dalam excel fungsi NOT digunakan untuk membalikkan nilai argument yang telah dihasilkan. Missal dari operasi argument tertentu didapati nilai true jika fungsi NOT dipakai maka hasilnya dari hasil TRUE tersebut akan membalik menjadi nilai FALSE. Kegunaannya sebatas pengubahan dari nilai hasil operasi true menjadi false dan sebaliknya false menjadi true.

    Cara penulisan

    NOT(logical)


    Bagian logical untuk menulis argument logika.

    Contoh penggunaan not dengan kombinasi IF

    =IF(NOT(3-1=2);”benar”;”salah”) maka hasil yang akan ditampilkan yaitu salah.

    Fungsi ini dibaca jika 3-1 = 2 jika benar akan menghasilkan kata benar jika salah maka menghasilkna nilai salah, nah berhubung ada fungsi not maka hasil dari rumus tersebut bernilai salah.
     

    ads

ads

Share This Page