Bagaimana adaptasi hewan dan tumbuhan yang hidup di perairan berarus deras

Discussion in 'Biologi' started by Giovani Malinda, Jan 16, 2016.

ads

  1. Giovani Malinda

    Giovani Malinda Active Member

    Bagaimana adaptasi hewan dan tumbuhan yang hidup di perairan berarus deras ?

    Organisme melakukan adaptasi sesuai dengan habitatnya masing-masing. Karena itulah, beberapa organisme yang hidup dengan lingkungan ekstrem memiliki bentuk tubuh dan tingkah laku yang ekstrem pula. Berikut ini akan dijelaskan adaptasi hewan dan tumbuhan untuk bertahan hidup di arus deras.

    HEWAN

    Hewan yang hidup di air tawar beraliran deras memiliki struktur tubuh yang memiliki tubuh memanjang dengan bentuk kepala yang lancip dan tirus, seperti ikan salmon. Bentuk tubuh yang ramping ini berguna untuk melawan arus deras dengan lincah. Selain itu, ikan air tawar yang tinggal di arus deras memiliki sirip yang panjang untuk memberikan dorongan lebih saat berenang melawan arus deras.

    Selain itu, ikan yang tinggal di arus deras memiliki sifat yang agresif dan cepat. Ikan air berarus deras bisa memiliki kecepatan berenang hingga dua kali lipat dibandingkan ikan yang tinggal di sungai tenang. Karena itulah, ikan yang berenang di arus deras memiliki otot yang kaya protein sehingga sangat bermanfaat ketika dikonsumsi dan mahal harganya.

    TUMBUHAN

    Pada tumbuhan air berarus deras, tidak diragukan lagi tumbuhan ini memiliki bentuk batang yang sangat liat dan sulit dipotong. Batang yang keras ini sangat kokoh sehingga tidak mudah dipatahkan oleh arus yang deras menimpa tubuh tumbuhannya.

    Tumbuhan air di arus deras juga memiliki akar yang kuat menancap ke dasar sungai. Akarnya terbukti sangat panjang dan dapat menahan tubuh tumbuhan dari terjangan arus deras.
     

    ads

    John raja likes this.

ads

Share This Page